Langsung ke konten utama

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh


Suka sayur buncis? Sayur yang enak banget kalau ditumis dengan tahu ataupun dimasak sop ini ternyata mengandung zat yang banyak diperlukan untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll. 
Buncis atau nama latinnya Phaseolus Vulgaris sangat cocok sekali ditanam dan dibudidayakan pada dataran medium maupun dataran tinggi. Sayur ini dipercaya berasal dari wilayah Amerika Selatan, namun Indonesia merupakan salah satu Negara yang memproduksi buncis terbesar didunia. Buncis bisa menyebar hampir keseluruh dunia dikarenakan oleh penjajah Spanyol yang memperkenalkan buncis keseluruh wilayah eropa yang pada akhirnya bisa sampai ke Indonesia.


Manfaat Buncis Bagi Kesehatan


1. Mengontrol glukosa
Buncis memiliki kadar protein yang cukup tinggi dan protein yang dimilikinya itu tidak jauh berbeda dengan protein yang ada pada telur. Apabila sayuran buncis ini dimasak dengan benar, maka protein yang ada didalamnya akan terserap dengan sempurna oleh tubuh Anda. Sehingga, hal tersebut dapat bermanfaat untuk mengontrol glukosa atau kadar gula dalam darah.

2. Menjaga jantung tetap sehat
Mengonsumsi buncis minimal 4 kali dalam seminggu bisa membantu organ jantung Anda untuk tetap dalam kondisi terbaiknya. Hal ini bisa terjadi lantaran buncis mengandung asam folat didalamnya.

3. Melancarkan sistem pencernaan
Buncis sendiri termasuk kedalam keluarga kacang sehingga tidaklah mengherankan kalau buncis mengandung serat yang sangat tinggi. Serat tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang baik dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam darah sehingga jantung tetap sehat. Oleh sebab itu, mengonsumsi buncis sangatlah disarankan bagi mereka yang mempunyai masalah dengan kesehatan jantungnya.

4. Terlihat lebih awet muda
Proses penuaan dini bisa dicegah dengan mengonsumsi buncis setiap harinya. Buncis mengandung antioksidan yang cukup yang bermanfaat untuk menanggal radikal bebas dan paparan sinar matahari.

5. Meningkatkan sistem metabolisme
Kandungan mineral yang ada didalam buncis, seperti mangan, kalium, zat besi, dan magnesium. Semua senyawa tersebut dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme yang baik bisa meningkatkan kinerja organ tubuh yang lainnya.

6. Mengatasi batu ginjal
Serat yang tinggi dalam sayuran buncis bisa bermanfaat juga untuk melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah terjadinya pembentukan batu pada ginjal. Oleh karena itu, banyak dokter yang menganjurkan mengonsumsi makanan yang satu ini.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Adanya vitamin B1, B6, dan vitamin C yang terdapat pada buncis bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik bisa mencegah Anda supaya tidak mudah untuk terserang penyakit.

8. Rendah kalori
Buncis mempunyai nilai kalori yang cukup rendah sehingga buncis sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang tidak ingin mempunyai berat badan berlebih. Seperti yang Anda ketahui bahwa mempunyai berat badan berlebih bisa memicu timbulnya beragam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Anda.


(sumber: sehatcantik & vemale.com)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat & Bahaya Minum Kopi

Ada yang suka minum kopi ?.. Aku & papito setiap pagi minum kopi susu, gak fanatik sama satu merk kopi. Yaa yang lagi ada aja diminum..hehe. Eh tahu gak kalau minum kopi secara bijak dan tidak berlebihan manfaatnya akan kita dapatkan. Batas wajar konsumsi kafein adalah 300 mg perhari atau setara dengan sekitar 3 cangkir kopi. Usahakan minum kopi maksimal 3 cangkir perhari atau kalau bisa di bawahnya. Cara lain aman minum kopi adalah coba tambahkan susu rendah lemak. Dan jangan lupa cukupi kebutuhan minnum air putih 8 gelas perhari untuk detoksifikasi dan mengencerkan darah.

Manfaat Kulit Manggis

Berawal dari beberapa hari yang lalu aku mendapat bbm promo yang menawarkan sirup kulit manggis. Idiihh sirup dari kulit manggis apa enaknya & apa manfaatnya ya sampe segitunya dibikin sirup ? Karena penasaran aku browsing tentang manfaat kulit manggis ini. Dan bener ternyata banyaakk banget manfaatnya. Yang belum tahu yuukk cari tahu disini :) Manfaat Kulit manggis ternyata saat ini paling banyak dicari dan digunakan untuk dijadikan obat alternatif berbagai macam penyakit, serta dimanfaatkan dalam urusan kecantikan. Memang ternyata buah manggis yang rasanya enak dan mengandung banyak manfaat, mempunyai fakta kalau kulitnya lah yang mempunyai manfaat lebih.

Manfaat Ikan Lele

Pasti sudah tahu ikan berkumis nan berlendir ini ya. Anakku lagi suka banget kalau dimasakin ikan lele goreng tepung. Kalau lauknya ikan lele pakai acara nambah deh..hehehe.. Selain enak dan gurih ikan air tawar ini juga tak mahal harganya. Ditambah lagi ternyata ikan lele punya kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.